Prof. Ronald A. Lukens-Bull Menjadi Narasumber Internasional di MISI Putaran 5, Ini Tanggapan Rektor ISIF

LPM LATAR – Institut Studi Islam Fahmina (ISIF) putaran 5 mengadakan Monthly Islamic Studies Initiative (MISI) dengan tema Islam, Pendidikan dan Masyarakat Indonesia: Pengamatan 30 tahun, pada Kamis, 4 Juli 2024.

MISI putaran 5 ini dihadiri langsung oleh narasumber Prof. Ronald A. Lukens-Bull seorang Profesor Antropologi dan Studi Agama-agama University of North Florida, Jacksonville, Florida dan dimoderatori oleh Dosen Fakultas Tarbiyah ISIF Cirebon Hj. Rohmatul Fawaiz, M.Ag.

Rektor ISIF, KH. Marzuki Wahid dalam sambutannya mengatakan bahwa MISI putaran 5 ini merupakan suatu keberuntungan bagi ISIF, karena dihadiri oleh seorang Antropolog dari Florida Amerika, beliau adalah Prof. Ronald A. Lukens-Bull, yang tulisan dan bukunya sudah banyak. Terutama bagaimana pandangannya tentang penerapan agama Islam di Indonesia.

“MISI putaran ke 5 ini harus dijadikan kesempatan untuk teman-teman yang hadir untuk men-charge wawasan intelektual dengan belajar dari orang yang berkompeten di bidangnya,” kata Kiai Marzuki.

Lebih lanjut, Kiai Marzuki mengungkapkan dengan adanya MISI menjadi tradisi intelektual baru bagi ISIF. Tradisi ini menjadi wadah belajar bagi para akademisi dan mahasiswa.

“ISIF memiliki tradisi yang akan terus dilaksanakan yaitu MISI, ISIF juga akan terus mengundang orang orang yang berkompeten supaya semua kalangan dari mulai akademisi dan mahasiswa bisa terus belajar,” ucapnya.

Untuk diketahui, kegiatan MISI putaran 5 dibuka dengan bacaan basmallah yang dipimpin oleh KH Marzuki Wahid. Sesi diskusi berlangsung kurang lebih 3 jam.

Prof Ronald juga menekankan di sela-sela diskusi bahwa beliau tidak mengkaji Islam tapi meneliti keislaman. Sebagai antropolog beliau lebih tertarik dengan penerapan agama daripada agama itu sendiri. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *