Rapat Koordinasi & Talk Show Aliansi Gerakan Mahasiswa Cirebon 2024, Rektor ISIF: Mahasiswa harus Think Globally Act Locally

LPM LATAR – Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) ISIF bersama aliansi Gerakan Mahasiswa Cirebon menggelar kegiatan Rapat Koordinasi dan Talk Show dengan tema Peran & Evaluasi Mahasiswa sebagai Katalisator dalam Membangun SDM yang unggul untuk Indonesia Emas 2045, di Aula pertemuan Institut Studi Islam Fahmina (ISIF), pada Sabtu 04 agustus 2024.

Kegiatan ini dihadiri oleh 19 dari 32 kampus yang ada di Kota dan Kabupaten Cirebon yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Cirebon (GMC), yang diwakili oleh presiden mahasiswa dari masing-masing kampus.

Selain itu, turut hadir juga pejabat pemerintahan Yadi Supriyadi sebagai perwakilan dari Pj Bupati, Joni Surya Nugraha, S.Ip, M.H Kapolres Cirebon sebagai tamu undangan. Serta 3 narasumber Talk Show yaitu KH. Marzuki, Inayah Farhateen dan Ir. Asep Sholeh, F.I, ST, SH, MH.

Rektor ISIF KH. Marzuki Wahid berbicara mengenai realitas mahasiswa dan perguruan tinggi saat ini. Lebih lanjut, Ia mengungkapkan kepada mahasiswa untuk selalu “think globally, act locally,” yaitu berpikir dengan perspektif global tetapi bertindak nyata di lingkungan lokal.

“Mahasiswa segera melakukan gerakan-gerakan konkret yang dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat Cirebon Raya,” katanya.

Ketua Apindo (Asosiasi Pengusaha Indonesia) Kabupaten Cirebon Asep Sholeh menyampaikan kepada mahasiswa untuk tidak membatasi diri.

“Mahasiswa memiliki limit yang tidak terbatas, akan tetapi seringkali kita sendiri yang membatasi diri,” ungkapnya.

Ia juga menegaskan kepada para mahasiswa untuk terus belajar. Harapannya agar menjadi seseorang yang memiliki daya tawar.

“Mahasiswa harus mampu dan terus mengevaluasi diri agar sehingga mampu mengidentifikasi kekurangan dan potensi-potensi yang dimiliki,” ucapnya.

Ketua Lembaga Survei Vinus Kabupaten Cirebon Inayah Farhateen menekankan bahwa kualitas demokrasi merupakan indikator penting bagi kemajuan suatu negara.

Menurutnya, meskipun Indonesia kaya akan sumber daya alam, yang paling dibutuhkan adalah Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas untuk memastikan pendidikan yang berkelanjutan.

“Mahasiswa memiliki peran krusial dalam menjaga dan meningkatkan kualitas demokrasi,” tukasnya.

Sementara itu, Koordinator pusat Aliansi GMC, Muhammad Rizal berharap dengan adanya kegiatan ini dapat menyatukan simpul gerakan mahasiswa Cirebon, serta dapat bersilaturahmi juga evaluasi untuk menciptakan gerakan-gerakan di Cirebon Raya.

“Semoga menjadi forum gerakan mahasiswa Cirebon untuk menyatukan, mengevaluasi serta menciptakan gerakan-gerakan di Cirebon Raya,” tukasnya.

Untuk diketahui, kegiatan ini diawali dengan Talk Show yang dimoderatori oleh Presiden DEMA ISIF Siti Robiah. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *